ARTI DAN KIASAN BET LOGO BANTEN PADA BAJU PRAMUKA

Kwarda Banten diresmikan pada tanggal 19 mei 2001 dengan lmbang menara dengan yang di ampit dua tunas kelapa yang saling berhadapan, menara tersebut bernama HASANUDIN, dan dua tunas kelapa yang melambangkan bahwa adanya satuan terpisah antara anggota pramuka putra dan utrid . Dan ditengah terdapat peta provinsi Banten yang didalamnya terdapat 6 wilayah 2 Kota dan 4 Kabupaten yaitu : 


  1. Kota Tangerang 
  2. Kab. Tangerang 
  3. Kota Serang 
  4. Kab. Cilegon 
  5. Kab. Pandeglang 
  6. Kab. Lebak 

Dan bentuk Banten seperti kwarda jabar yang melambangkan bahwa provinsi Banten masih menghormati /tidak mau putus hubungan satu sama lain. Tinggi untuk logo banten sekitar 8 cm dan lebarnya  6 cm/ dan provinsi banten beribukotakan serang. 

Arti dari kiasan warna yang terdapat pada logo banten

1. Warna kuning dikiaskan untuk penegak yg artinyakedewasaan

2. Warna merah di kiaskan untuk penggalang yang artinya keberanian

3. Warna hijau dikiaskan untuk siaga yg artinya kesuburan

4. Warna putih: yang berarti kesucian

5. Warna hitam: yang berarti keteguhan

Dan dipuncak menara terdapat 3 (tiga) tingkat yang melambangkan tiga janji seorang anggota yang sering dikenal sebagai TRI SATYA. Dan di tingkat paling atas terdapat 5 (lima) susun batu yang melambangkan RUKUN ISLAM/PANCASILA dan didasar menara banten terdapat 32 susun batu bata yg menyatakan bahwa Banten adalah provinsi yang ke 32 dari provinsi yg ada di utridia.

Tunas kelapa yang saling berhadapan memiliki arti Satuan Terpisah. Dimana Putra dan Putri terpisah tetapi masih dalam satu organisasi Gerakan Pramuka



EmoticonEmoticon